Selasa, 22 Maret 2011

Air Perkotaan dan Masalahnya

Selamat hari air sedunia,22 Maret 2011
Tahun ini,tema hari air sedunia adalah "Air Perkotaan dan Masalahnya",dan untuk itu saya akan membahas tentang Air Perkotaan.
Air di perkotaan,saat ini sudah mulai langka,karena pembabatan hutan,berkurangnya daerah resapan air.Selain itu,air-air di perkotaan juga bisa dibilang keruh,juga bisa dibilang kotor.Juga krisis air setahun lalu di daerah cakung,salah satu daerah di DKI Jakarta,itu juga merupakan masalah air di perkotaan.
Masalah air yang paling utama,adalah krisis air bersih,karena ulah manusia yang mengurangi jumlah ruang terbuka hijau,daerah resapan air,dll.Selain itu,pencemaran air juga menyebabkan terjadinya hal tersebut.Hal ini jelas mengganggu kehidupan manusia yang sangat membutuhkan air.
Masalah air lainnya adalah krisis air di musim kemarau atau musim panas.Tahun lalu di Jakarta,tepatnya di daerah cakung,jakarta timur.Krisis air disana disebabkan oleh kurangnya daerah resapan air,sehingga pada musim hujan,terjadi banjir,namun di musim kemarau,panas sekali dan terjadi kekeringan.Ketika itu,saya berada di daerah cakung juga,karena ada keperluan.Disana suhunya panas sekali,baru keluar semenit,sudah sangat panas,disana juga kering sekali.
Beberapa tahun yang lalu,krisis air juga melanda kota-kota di Jawa Tengah dan Jawa Timur,ketika musim kemarau.

Masalah lainnya adalah saat musim hujan,tiba banjir.Seperti di Jakarta atau Bandung,setiap musim hujan langganan banjir.Masalah ini terjadi karena pembangunan kota yang tidak memperhatikan lingkungan.

Semoga saja permasalahan air di perkotaan dapat teratasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar